Asyiknya Bermain Ombak di Pantai Suwuk

Laut, merupakan warisan yang tersebar di seluruh Nusantara. Karena memang Indonesia negara maritim. Dan tak lengkap pula rasanya jika saya tidak berwisata ke salah pantai, apalagi di Jawa Tengah, tempat tinggal sendiri. Setelah sebelumnya saya menulis tentang meluangkan waktu sejenak di pinggiran danau buatan. Kali ini saya lanjutkan tentang salah satu pantai di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah.

Dengan berbekal nekad (karena belum pernah pergi hanya berdua) dengan mengendarai kendaraan roda dua, kami melanjutkan perjalanan dari Waduk Sempor ke Gombong. Masalah jalan, pasti ketemu kalaupun terpaksanya nyasar, yang jelas masih di wilayah Jawa Tengah, hehehhehe.. :D

Baca juga : Di Pinggiran Danau Buatan Ini, Kita Bisa Hilangkan Penat Sejenak

Perjalanan menuju pantai memang jauh dan melelahkan. Kita juga sempat beberapa kali tanya kepada penduduk setempat untuk menanyakan rute yang benar menuju Pantai Suwuk, Gombong, Kebumen. Kita juga nyaris lurus ke Jogja karena bingung tidak tahu arah. Hahahahahaha..

Pantai Suwuk, Gombong, Kebumen

Setelah memakan waktu satu jam perjalanan, akhirnya sampai juga di Pantai Suwuk. Karena lelah, so pasti kita istirahat dan makan dulu, apalagi waktu sudah menunjukkan pukul 12.35. Sebagai anak rumahan, tentu saja saya membawa bekal dalam travelling ini (sebenarnya buat hemat). Sedangkan teman saya memesan lotek (sejenis rujak sayur/gado-gado/pecel sayur) dan memakan di warung tersebut. Saat melahap hidangan masing-masing (saya makan bekal yang saya bawa), mata kita tertuju pada makanan aneh yang tersaji di warung itu. Saya bertanya kepada pemilik warung itu, dan memberitahu bahwa makanan itu rempeyek 'Yutuk'. Sebuah binatang kecil yang hampir mirip dengan udang. Cara memasaknya pun cukup sederhana, Bisa langusng digoreng ataupun bisa dibuat rempeyek. Makanan ini merupakan makanan khas di daerah Pantai Suwuk, Gombong.
Setelah kenyang, tentu saja kita menuju bibir pantai untuk bermain dengan ombak. Pantai Suwuk ini salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, yang terletak di Kabupaten Kebumen. Karena pas datang di hari libur panjang, tentunya banyak pengunjung yang datang. Sampai-sampai bingung mau foto-foto di mana. Beruntung saja, kita bisa memanfaatkan moment untuk mengambil beberapa gambar. Selanjutnya, tentu bermain dengan ombak.
Beruntung dapat spot sepi untuk foto-foto :D


Bermain di Pantai Suwuk ini menyenangkan juga. Ada banyak tenda-tenda juga di pinggiran untuk duduk santai atau hanya sekedar menikmati air kelapa muda yang segar.


Dan saya pun berharap, alangkah baiknya pengunjung tidak membuang sampah sembarangan di pantai. Kalau tidak ada sampah yang berserakan pastinya Pantai Suwuk akan bersih dan keren. Keindahan alam ini tidak boleh dirusak, apalagi membuang sampah ngasal saja. Karena #NyampahSembaranganItuGakKeren.

16 comments

  1. Pantai di Kebumen itu masuknya jauh dari jalan utama. Lebih enak lewat selatan, jalan dendles.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jalannya itu luar biasa.. kami dari utara, ya mau gak mau, kewat jalan utara.. hihihii

      Delete
  2. kenapa namanya suwuk ya? hmm
    \kalo disuwuk itu seperti emnyapih asi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu nama daerah di sana, Suwuk, jadi disebut Pantai Suwuk.

      Delete
  3. seneng bacanya, sering" ke gombong ya 😃 masih banyak destinasi wisata yang musti kalian jelajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ika, semoga kami bisa ke tempat lainnya seperti Gua Petruk, Pantai Menganti, dll. 😊😊😊

      Delete
  4. Saya pernah beberapa kali ke Gombong karena keluarga ada di sana. Tapi baru tau pantai ini hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehhh..sekali-kali lah, main ke Pantai Suwuk. Atau besok pas lebaran kunjung ke Kebumwn, mampir ke Suwuk :)

      Delete
  5. aku mah inget Gombong sih karena dulu pernah kesasar di sini saat mau ke jogja naik mobil. Pantai mah selalu indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ke Gombon yg nyaris kesasar, hehheehhe.. iya, pantai selalu indah.

      Delete
  6. Penutupnya keren banget, Mbak =3
    Karena buang sampah sembarangan itu ngga keren, malah temen2 saya lagi pada heboh kampanye, "Bawa kembali apa yang dibawa" ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak Annisa, betul banget. Kita harus membawa kembali barang-barang yg kita bawa, gak boleh nyampah sembarangan, karena gak keren.

      Delete
  7. Penasaran ma yutuknya .... Dijual di pasar tradisional gak?

    Ombaknya keren ya? Lama gak ke pantai ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, hanya dijual di warung pinggir pantai, karena hasilnya tidak sebanyak udang. rasanya mirip udang, ada gurih2nya gitu.. hmm kalau Debay sudah 7 bulan, ajaklah ke pantai :)

      Delete
  8. Kalau dikolaborasi pasti ngeh banget ya gan..
    makan peyek dipinggir pantai sambil minum es degan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. jadi sempurna, yaaa.. gak kepikiran kemari pas di sana.. hahaa

      Delete

Terima kasih sudah meninggalkan komentar. Maaf, komentar dimoderasi untuk mengurangi komentar spam yang masuk. :)